Formula 1 atau sering disingkat F1
adalah balapan mobil tercepat dan terkenal di dunia. Karenanya, kuda pacu
(mobil) pada balapan ini sering disebut
jet darat. Ternyata, ada banyak hal-hal menarik dan tercanggih yang
ada pada mobil balap F1 ini. Mau tahu? Ini
dia, fakta menarik
lengkap tentang F1.
1. Kecepatan Mobil
Mobil F1 dapat melaju dari 0 hingga
160 km/jam dan kembali lagi ke 0 hanya dalam waktu 4 detik.
Mesin F1 hanya bertahan untuk
balapan selama 2 jam sebelum mesin tersebut meledak, untuk mobil pasaran
biasanya dapat bertahan hingga 20 tahun.
Mesin F1 umumnya berputar hingga 18000rpm yang artinya piston bergerak naik
turun 300 kali sedetik.
2. Desain Aerodinamika dan Downforce
Desain aerodinamika dan downforce
(gaya tekan ke bawah) mobil F1 sangat penting, bahkan pesawat kecil dapat
terbang dengan kecepatan lebih rendah daripada mobil F1.
Tanpa sistem aerodinamika dan downforce
yang baik, mobil F1 dapat kehilangan kontrol dan terjadi wheel spin (roda berputar
tetapi mobil tetap di tempat) pada kecepatan hanya 160 km/jam, padahal umumnya
mobil F1 memiliki kecepatan lebih dari 300 km/jam.
Gaya downforce yang dihasilkan sayap depan dan belakang mobil F1 sangat hebat.
Saat melaju lebih dari 160 km/jam, mobil F1 dapat menghasilkan gaya tekan ke
bawah sama dengan berat mobil tersebut.
Pada balapan jalan raya seperti GP Monaco, downforce mobil F1 memiliki
kemampuan untuk mengangkat penutup lubang got. Makanya, penutup lubang got
harus dilas terlebih dahulu sebelum pertandingan.
3. Ban Mobil
Ban mobil normal dapat bertahan 60.000 - 10.000 km, sedangkan ban balap F1
didesain hanya bertahan untuk 90 - 120 km saja.
Selama balapan, ban balap kehilangan beratnya sekitar 0.5 kg karena aus.
Ban F1 untuk kondisi sirkuit kering
mencapai puncak performanya (grip terbaiknya) ketika temperaturnya mencapai 900
- 1200 derajat Celcius. Pada kecepatan maksimalnya, ban F1 berputar 50 kali
sedetik.
Udara yang digunakan untuk kebanyakan ban balap adalah Nitrogen karena memiliki
tekanan yang lebih konstan dibanding udara biasa. Udara biasa umumnya memiliki
uap air yang dapat mengakibatkan tekanan tidak stabil saat temperatur meningkat.
4. Pengereman
Cakram rem F1 memiliki temperatur
operasi sekitar 1000 derajat Celsius sampai mobil sebelum berbelok, cakram
tersebut terbuat dari serat karbon yang bersifat lebih keras dan lebih tahan
aus dari pada cakram besi baja.
Saat mengerem, perlambatan yang
dialami oleh pembalap F1 sama seperti mobil umum mengalami tabrakan dengan
tembok pada kecepatan 300 km/jam.
5. Sistem
Mobil F1 terdiri dari 80.000
komponen, bila mobil tersebut dirakit dengan akurasi hanya 99,9% mobil masih
dapat berjalan tetapi dengan 80 kesalahan perakitan.
Jika selang air sistem pendingin
tiba-tiba meledak, seluruh air sistem pendingin akan habis hanya dalam jangka
waktu satu detik.
Mobil F1 memiliki sistem kabel sepanjang satu kilometer, menghubungkan sekitar
100 sensor dan aktuator yang memantau dan mengontrol bagian-bagian mobil.
6. Pengisian Bahan Bakar
Sistem pengisian bahan bakar F1
dapat menyuplai 12 liter bahan bakar sedetik, artinya Anda hanya butuh waktu 4
detik untuk mengisi tangki mobil umum dengan kapasitas 50 liter. Sistemnya sama
dengan alat yang digunakan oleh pengisian bahan bakar helikopter milter Amerika
Serikat
Kru F1 terlatih dapat mengisi bahan bakar dan mengganti ban hanya dalam waktu 5
detik
7. Fakta Lainnya
Gearbox mesin F1 hanya digunakan sekali untuk balapan dan diganti secara
periodik untuk menghindari kegagalan.
Rata-rata pembalap F1 kehilangan berat badan hingga 4 kg setelah sekali
balapan.
ADS HERE !!!