Coca-Cola harus menyerahkan
posisinya sebagai merek terbaik di dunia kepada Apple. Ini adalah pertama
kalinya produsen minuman itu tergeser dari posisi teratas sebagai merek yang
paling berharga di dunia. Hal itu merupakan hasil survei dari perusahaan
konsultan pemasaran, Interbrand, yang bertajuk "Best Global Brand
Report", yang menjaring 100 merek ternama di dunia berdasarkan nilainya.
|
Apple, merk termahal di dunia untuk tahun 2014 |
Survei terhadap merek-merek terkenal
itu telah dilakukan sejak tahun 2000. Adapun Interbrand merupakan perusahaan
yang terafiliasi dengan konglomerasi periklanan global, Omnicom.
Berdasarkan lembaga itu, harga
merek Apple mencapai 98,31 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.100 triliun) naik 28
persen dari tahun lalu. Sementara itu merek Google ditaksir seharga 93,29
miliar dollar AS (sekitar Rp 1.072 triliun).
Adapun IBM dan Microsoft masing-masing
masuk di posisi 4 dan 5 di bawah Coca-Cola. Adapun BlackBerry tak masuk ke
dalam daftar merek-merek paling mahal di dunia, dan posisi produsen telepon
genggam Nokia anjlok dari nomor 13 pada tahun lalu menjadi 57. Di sisi lain,
Facebook naik di posisi 52 dari sebelumnya 69.
Berikut adalah 10 teratas merek
termahal di dunia dari 100 merek berdasarkan Interbrand:
1. Apple -- 98,31 miliar dollar AS
(Rp 1.100 triliun)
2. Google -- 93,29 miliar dollar AS
(Rp 1.072,8 triliun)
3. Coca-Cola -- 79,21 miliar dollar
AS (Rp 910 triliun)
4. IBM -- 78,8 miliar dollar AS (Rp
906 triliun)
5. Microsoft -- 59,54 miliar dollar
AS (Rp 684,7 triliun)
6. GE -- 46,94 miliar dollar AS (Rp
539,8 triliun)
7. McDonald's -- 41,99 miliar
dollar AS (Rp 482,8 triliun)
8. Samsung -- 36,61 miliar dollar
AS (Rp 421 triliun)
9. Intel -- 37,25 miliar dollar AS
(Rp 428,3 triliun)
10. Toyota -- 35,34 miliar dollar
AS (Rp 406 triliun)
ADS HERE !!!